Pages

google ads

Friday 17 December 2010

Ganti Rumah Gigi Speedometer, Atasi Odometer Nouvo Mati

Jakarta - Lagi enak-enak geber Yamaha Nouvo, tahu-tahu jarum spidometer berhenti bergerak. Nah lo, kenapa nih? Namanya juga skutik sudah berumur, hal seperti ini bisa saja terjadi. Maklum, Nouvo dirilis ke pasar sejak 2002. Berarti usia spidometer dan perangkat pendukungnya juga sudah berusia antara 4-8 tahun.



Tapi jangan terburu menyalahkan komponen spidometer karena bisa saja rumah gigi spidometer yang terletak di as roda yang bermasalah. “Paling mudah dengan mengecek atau memainkan kabel spido dengan tangan,” jelas Agus dari Galur Motor di kawasan Senen, Jakpus.

Tinggal buka kabel spidometer yang menancap di rumah gigi spidometer dengan tang (gbr.1) dan putar dengan tangan ujung kabel spidometer (gbr.2). Lalu lihat apakah jarum spidometer bergerak naik saat diputar tangan. Bila jarum bergerak ke angka 10 (gbr.3), berarti rumah girbok positif bermasalah.

Langkah selanjutnya, buka as roda depan untuk membuka rumah gigi spidometer. Setelah lepas akan terlihat kondisi gir bagian dalam rumah gigi yang sudah aus (gbr.4). Segera belikan rumah gigi assembly yang baru seharga Rp 110 ribu (gbr.5).



Rakit kembali ke tempatnya dan pasang kembali kabel spidometer yang sebelumnya sudah dicuci bersih dan diberi pelumas (gbr.6). Putar roda depan dengan tangan dan lihat ke panel spidometer untuk memastikan jarum bergerak naik.

Mudah, kan? (motorplus.otomotifnet.com)

Sumber : ototips.otomotifnet.com

No comments:

Post a Comment