Sudah pasti tunggangan akan semakin tampil bergaya dan terlihat kekar. Sesuai dengan keinginan penggunanya yang memang ingin tunggangannya terlihat semakin tangguh dan sporty. Apalagi kalau modelnya terlihat cukup jarang di jalanan, karena memang memiliki kelas tersendiri, seperti pelek-pelek yang melekat pada roda-roda beberapa Kawasaki Ninja 250R ini.
Tak sekadar berbeda gaya, tetapi bobotnya pun cukup ringan. "Ada yang hanya sekitar 1,6 kilogram saja," ungkap Tommy Bramudia, dari Ngayun Speed. Umumnya berbahan magnesium atau titanium, sebuah logam campuran yang memang ringan namun cukup kuat.
Begitu pun model lain seperti yang agak banyak digunakan seperti Marchesini, berbahan forged aluminium, pelek ini cukup favorit, karena semerek dengan pelek pada tunggangan MotoGP Valentino Rossi. "Tetapi, untuk pelek berbahan magnesiumnya belum masuk sini, karena dijual sekitar Rp 40 juta," tutur Tommy.
|
Menurut Tommy ada rumusan tersendiri untuk melihat keefektifan bobot pelek saat digunakan di tunggangan. "Untuk kecepatan di atas 160 km/jam, 100 gram per 10 kg total bobot motor sangat berpengaruh," ujar lelaki pengguna Ninja berpelek Enkei Magnesium itu.
Jadi ketika menggunakan pelek antara 2 kilogram dan 5 kilogram tentu cukup jauh perbedaannya. "Dirasakan memang terasa lebih enteng ketika di atas 160 km/jam," ungkap Tommy. Tetapi memang kebutuhan ini sepertinya hanya dirasakan ketika berpacu di sirkuit. Bobot Ninja standar sekitar 165 kg.
Tetapi, sudah jelas, ketika dipakai dalam kondisi sehari-hari, tentunya bobot ringan ini tak berpengaruh langsung pada performanya. Melainkan pada konsumsi bahan bakar, karena terjadi pengurangan power to weight ratio. Bagaimana pun pengurangan bobot akan lebih berpengaruh, meski sedikit.
Apalagi soal konsumsi bahan bakar ini, banyak faktor yang menentukan, mulai dari kondisi jalan hingga karakter penunggangnya pun membedakan seberapa besar konsumsi bahan bakar yang didapat.
Jadi, pelek ringan masih terlihat bergaya ketimbang meraih performa di kondisi sehari-hari.
Bobot Ninja standar : 165 kg Tenaga : 27 dk Tenaga per kg : 0,163 dk/kg Pelek Marchesini : (-1 kg) Tenaga per kg : 0,164 dk/kg Pelek Enkei Magnesium : (-3 kg) Tenaga per kg : 0,166 dk/kg |
Sumber : ototips.otomotifnet.com
No comments:
Post a Comment