Pages

google ads

Tuesday 4 October 2011

Asal Bunyi Nguuuuk Di Tangki Ninja 250R, Bukan Hantu!



Biang keladinya katup di tutup tangki
Saat sedang sendiri malam hari, Merryana dikejutkan oleh suara  aneh yang masih berasal dari dalam rumahnya. Nguuuuk..nguuuuk… Dikira suara hantu, dia pun ketakutan.

“Dia lapor ke saya. Katanya di dalam rumah ada suara aneh,” cerita Iwan Widjadja, suami Merryana yang juga anggota Ninja Tangerang Organization atau beken dengan sebutan Nitro. 

“Penasaran akan suara apa itu, langsung terjawab begitu ditunggu!” kisah Iwan yang tinggal di Regency Tangerang. Saat itu ia juga memarkir Ninja kesayangannya di dalam rumah. Taunya, mekanisme tutup tangki Ninja memang agak beda dengan motor konvensional. Pada Ninja sudah dilengkapi lubang kecil untuk melepas uap di dalam tangki.

“Di Ninja, lubang nafas tidak melalui slang, agar bensin tidak menguap. Jadi, jika bensin di tangki sudah hampir kosong dan banyak terisi udara, ia berusaha mencari celah keluar,” jelas Iwan yang rambutnya dicat, tapi tidak dicutting sticker.

Terutama malam hari saat cuaca dingin dan bensin mengkerut. Akhirnya terjadi kevakuman di ruang tangki. Berusaha menyedot udara dari luar dan timbul bunyi nguuuukkkkk.

“Nah, di Ninja tutup tangki itu dilengkapi dengan pegas. Jika tekanan dari dalam tangki sedikit berkurang, pegas akan merenggang dan udara terbebas masuk ke dalam,” tambah Iwan yang sedang modifikasi Ninja streetfighter.

Masuknya udara lewat pegas itu tadi yang menimbulkan suara mengagetkan istri Iwan. Untuk Ninja yang sudah lama dan sealnya lemah, udara akan keluar melalui celah itu dan tidak akan terjadi bunyi. Pastinya Merryana tidak bakal takut lagi. Terlebih setelah mendengarkan penjelasan suaminya.

 Ini dia kalo dibongkar susunan katup
KOMENTAR PABRIKAN

Memang benar seperti dikatakan Iwan itu! Tapi, biar makin lengkap, apa yang dikatakan Iwan juga kudu didukung keterangan dari pihak PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

“Untuk mencegah kevakuman terjadi, setiap tangki memiliki saluran buang. Fungsinya, untuk mengalirkan tekanan atau kevakuman udara yang ada di dalam tangki,” ungkap Aris Sudiaji dari Service Departmen KMI.

Kevakuman ini paling potensial tercipta ketika bensin di tangki mulai menipis. Sehingga, tercipta ruang kosong yang lebih besar. Ketika itu, gas akan mengisi ruang kosong sehingga menimbulkan kevakuman jika tidak ada lubang buang.

Dalam hal ini, Ninja 250R memiliki saluran buang atau saluran pernafasan di tutup tangki. “Ketika tekanan sudah mencapai batas maksimal, maka tekanan itu akan tersalurkan melalui lubang yang ada di tutup tangki,” sebut Aris yang ramah.

Proses ini ditujukan untuk menyamakan tekanan udara dari luar dengan udara yang ada di dalam tangki. Sehingga, bensin akan lancar mengalir ke karburator ketika mesin hidup.

"Tekanan udara di dalam tangki sudah diatur. Jika tekanan itu melebihi batas maksimumnya, maka secara otomatis valve juga akan membuka. Suaranya jadi seperti orang bersiul atau mendesis,” timpal Reiner M. Sitorus, Senior Manager Technical Service Divison KMI.

Menurut pria ramah berkacamata itu,  pembuangan tekanan ini merupakan keharusan untuk standar safety. Apalagi dilengkapi klep, jadi lebih aman lagi.    

Sumber : motorplus-online.com

No comments:

Post a Comment