Pages

google ads

Tuesday 4 October 2011

Waspada, Lubang Tutup Tangki Tersumbat Bikin Mesin Mogok!



Motor mati mendadak tidak melulu disebabkan oleh tidak adanya gas bakar atau pengapian. Tutup tangki pun bisa jadi sumber masalah, seperti dialami Gunawan dari Ciputat, Tangerang. Kok bisa begitu, ya?

Bisa saja. Sebab timbulnya masalah saat ditelusuri terbukti lubang udara tutup tangki yang ukurannya hanya berkisar 1mm tersumbat kotoran.

Padahal, problem seperti ini umumnya akibat vakum bensin macet saat cek kevakumannya yang ternyata bukan. Begitu buka tutup tangki dan nyalakan mesin, motor pun bisa hidup normal.

Jika motor sobat alami hal seperti itu jangan dulu panik. Apalagi saat lakukan cek pengapian dalam kondisi baik dan tidak kehabisan bensin.

Makanya disarankan untuk lebih dulu membuka tutup tangki sambil menghidupkan mesin. Jika nyala, artinya lubang sirkulasi udara tutup tangki tersumbat.

Tersumbantnya lubang sirkulasi mengakibatkan aliran bensin melalui keran otomatis ke bak karburator jadi lambat, bahkan bisa juga berhenti jika terjadi kevakuman. Alhasil, enggak ada bensin yang dikirim ke ruang bakar.

Makanya kalau mesin bisa nyala hanya pada saat tutup tangki dibuka, lubang ventilasi tersumbat mesti dibersihkan dahulu. Caranya bisa dengan memberikan udara bertekanan ke arah lubang hingga benar-benar lancar aliran udaranya. Mesin pun kini bisa hidup normal.  

Sumber : motorplus-online.com

No comments:

Post a Comment