Pages

google ads

Tuesday 4 October 2011

Motor Injeksi Honda Susi Haram Test Busi



 Bisa terbakar karena tetap menyemburkan bensin
Masih ingat omongan Wedijanto Widarso, saat peluncuran perdana Honda Supra X 125 PGM-Fi alias Honda Susi (Supra Injeksi). Khusus untuk bebek injeksi satu ini, saat servis nggak boleh tes api busi di dekat lubang busi.

Loh, kenapa bisa begitu? Padahal kan tes api busi biasa dilakukan banyak orang saat servis lebih sering dekat ke lubang busi. Sebab selain penampangnya lebih lebar, posisi saat tes busi juga jauh lebih mudah lantaran mengikuti kontur kabel busi.

Ada alasan tersendiri kenapa tes busi motor injeksi nggak boleh dekat lubang busi. “Karena bensin dari tangki tetap akan disemprotkan injeksi saat kunci motor ‘ON’ dan kick atau elektrik starter diaktifkan untuk melihat bunga api bagus atau tidak. Hal itu justru dapat memicu terjadinya kebakaran lantaran gas bakar keluar dari lubang busi,” ucap bapak yang menjabat sebagai Technical Service Division Head dari PT Astra Honda Motor (AHM).

Beda halnya dengan motor pakai karburator. Saat lakukan tes busi, gas bakar yang masuk belum tentu deras. Nah, biar aman mending motor injeksi segera ganti busi jika memang sudah waktunya harus ganti. Toh hasilnya pasti akan jauh lebih bagus.  

Sumber : motorplus-online.com

No comments:

Post a Comment