OTOMOTIFNET - Salah satu peranti yang juga penting untuk dicek, bagian kaki-kaki. “Terutama motor yang sudah berusia 3 tahun atau sudah menempuh jarak sekitar 50.000 km ke atas. Pasti banyak peranti yang sudah rusak dan minta diganti,” wanti Syafrudin, kepala bengkel Clara Motor II di Jl. Arteri Kelapa Dua No.5, Kebon Jeruk, Jakbar.
Nah, biar ada gambaran jelas apa saja yang musti dicek serta berapa besar ongkos yang perlu disiapkan untuk tebus onderdilnya, akan dibeberkan satu per satu. Diambil contoh motor Honda, tipe bebek usia 3 tahun.
Pelek dan Laher Roda
Sebaiknya pelek disetel ulang dan periksa laher rodanya. “Kalau oblak/rusak, sebaiknya langsung diganti keduanya (kiri-kanan). Karena kalau tidak diganti, tambah oblak dan merembet ke bagian kaki-kaki lain,” anjur Udin.
Kondisi ban juga kudu dicek. Bila sudah gundul, langsung diganti. Sebab dengan profil ban sudah botak, daya cengkeram terhadap aspal juga berkurang. Sehingga lebih licin dan sangat berbahaya. Belum lagi kalau hujan turun tiba-tiba.
Karet Teromol
Indikasi jika sudah oblak, besutan agak nyentak saat akan melaju. “Salah satu sebabnya karet teromol keras atau umur pakainya sudah lama, sehingga gir roda yang terhubung langsung dengan teromol tidak ngeplak lagi dan tambah longgar saat ada entakan,” imbuh pria yang tinggal di daerah Jaktim ini.
Gir Set
Segera ganti jika matanya sudah tajam. “Sering kejadian, karena gir roda sudah aus, rantai cepat lepas. Alhasil motor akan berhenti mendadak akibat rantai nyangkut di bagian tertentu, misal teromol roda. Ini sangat membahyakan keselamatan,” wanti bapak 1 anak ini.
Kampas rem
Ini paling penting untuk menghentikan laju kendaraan. “Enggak sedikit rider menabrak kendaraan lain karena remnya blong maupun kurang pakem,” ujar pria humoris ini.
Sokbreker
Baik depan dan belakang, bila sudah mengalami kebocoran oli atau rusak, efeknya suspensi akan terasa lebih keras atau sebaliknya. Indikasi lain, saat menikung terasa goyang-goyang. Begitu juga saat lewat jalan berlubang, akan terasa mentok dan timbul suara pada suspensi depan atau belakang. “Kalau sok depan terasa terlalu empuk atau keras, salah satu solusinya adalah mengganti olinya,” tutup pria ramah ini.
Table Harga Spare-Part Honda | |||
Spare-part | Supra Fit | Revo | Supra X 125 |
Laher Roda (F) (2 x) | 20.300 | 12.100 | 12.100 |
Laher Roda (R) (2 x) | 20.300 | 20.300 | 20.300 |
Karet tromol | 7.000 | 7.100 | 7.100 |
Gir set | 145.000 | 141.000 | 125.000 |
Ban luar (F) | 111.500 | 111.500 | 111.500 |
Ban luar (R) | 151.000 | 151.000 | 151.000 |
Kampas rem (F) | 36.500 | 36.500 | 36.500 |
Kampas rem (R) | 25.500 | 26.500 | 26.500 |
Sokbreker | 220.000 | 358.000 | 358.000 |
Oli sok | 20.000 | 20.000 | 20.000 |
Total | 797.700 | 915.900 | 900.400 |
Table jasa servis | |||
Pekerjaan | Harga | ||
Ganti rantai roda,gir+karet tromol | 20.000 | ||
Ganti ban luar @ 10 ribu | 20.000 | ||
Ganti Kampas Rem tromol/cakram | 10.000 | ||
Ganti sokbreker | 25.000 | ||
Ganti oli sok | 25.000 | ||
Total | 100.000 |
Sumber : ototips.otomotifnet.com
No comments:
Post a Comment